4 Penambah Kelezatan Masakan Yang Wajib Dicoba



Kalian yang suka bereksperimen dengan masakan pasti tau  lebih banyak hal tentang jenis saus, kecap, dan minyak untuk penambah kelezatan masakan. Aku selalu penasaran jika menemukan jenis masakan yang sama dengan rasa yang sedikit berbeda, seperti ada sesuatu yang spesial di dalamnya. Maklumlah aku tidak sehebat chef hotel bintang 5 atau pun chef restaurant bintang 5 yang jago dalam memasak, masih banyak hal yang harus aku pelajari untuk selalu menjadi lebih baik.

Beberapa waktu yang lalu, aku pergi ke supermarket untuk belanja bulanan. Aku teringat waktu itu pernah membaca sebuah blog yang menjelaskan tentang jenis saus dan kecap yang enak untuk masakan, langsung saja kucari dan ketemulah beberapa jenis, sayangnya aku tidak menemukan yang lainnya karena banyak stok yang sudah habis, jadi aku membeli yang ada yaitu kecap Manis Bango, saus tiram cap panda Lee Kum Kee, Premium Soy Sauce Lee Kum Kee, Minyak Wijen Lee Kum Kee.

1. Kecap Manis Bango.
Kecap Manis Bango

Komposisi :
Gula, air, garam, kedelai hitam (3%).

Aku sudah pernah coba kecap bango sebelumnya, aku suka jadi aku beli lagi, ini sudah botol yang ke-3. Warna kecap bango ini lebih pekat menurutku dan aku suka warnanya karena sedikit saja sudah terlihat warnanya di dalam masakan. Biasanya aku suka menambahkan kecap bango ke dalam nasi goreng, kwetiau, capcai, bakso, tekwan, model, telur ceplok, dll.

Kalian juga bisa menemukan berbagai resep nusantara di website : Bango

2. Saus Tiram cap panda Lee Kum Kee (Oyster Sauce).
Saus Tiram Lee Kum Kee

Komposisi :
Air, gula, ekstrak tiram (Tiram, air, garam), garam, penguat rasa (Mononatrium L-Glutamat), pengental (Hidroksipropil dipati fosfat), tepung gandum, pewarna alami (Karamel l)

Ini pertama kalinya aku mencoba saus tiram ini, banyak yang bilang rasanya enak, ternyata memang enak. Tekstur sausnya sedikit kental dan juga tidak terlalu asin, ini adalah  jenis saus tiram yang aku suka. Biasanya aku menambahkan kedalam tumisan, kwetiau, dan berbagai macam masakan lainnya. Sayangnya jika tidak dimasukkan ke dalam kulkas atau di dalam suhu ruang biasa, sausnya akan berubah perlahan seperti menggumpal dan bercak putih. Jadi, kalau kalian mau membeli saus ini sebaiknya diletakan di ruangan yang bersuhu dingin atau lebih baik dimasukkan ke dalam kulkas seperti petunjuk yang ada di dalam botol.

Webiste : Lee Kum Kee

3. Premium Soy Sauce Lee Kum Kee.
Soy Sauce Lee Kum Kee

Komposisi :
Air, garam, kacang kedelai, gula pasir, tepung gandum, pengawet natrium benzoat, penguat rasa dinatrium 5'-Inosinat, dinatrium 5'-Guanylat.

Berhubung Soy sauce yang Kkikoman gak ada, jadi aku membeli yang ini. Sebelumnya aku mencari informasi sebelum membeli dan soy sauce Lee Kum Kee ini adalah salah satu soy sauce yang enak dan aku sependapat dengan hal itu. Soy sause ini teksturnya sangat cair, warnanya light, dan rasanya tidak terlalu asin. Untuk berbagai macam tumisan, nasi goreng, bakso, dan masakan lainnya bisa ditambahkan saus ini. Aku sudah mencobanya sendiri untuk nasi goreng, gimmari, tumisan dan kwetiau.

Website : Lee Kum Kee

4. Minyak Wijen Lee Kum Kee (Pure Sesame Oil).
Minyak Wijen Lee Kum Kee

Komposisi :
Minyak wijen. Terbuat dari biji wijen panggang yang baik.

Ini pertama kali juga bagiku mencoba minyak wijen untuk masakanku. Aku menggunakannya untuk nasi goreng, gimmari, aku akan mencoba menambahkan dimasakan yang lainnya nanti. Minyak wijen mempunyai aroma yang khas tersendiri dan tentunya jika dimasukkan kedalam masakan yang cocok maka akan terasa lebih lezat.

Website : Lee Kum Kee

Untuk selanjutnya aku akan mencoba jenis yang kainnya, mungkin aku akan bereksperimen lagi dengan kecap inggris, minyak ikan dan jenis saus tiram atau jenis soy sauce yang lainnya.

Jika kalian punya pengalaman yang menarik dan tau lebih banyak tentang berbagai macam jenis saus, kecap, dan minyak untuk masakan, kalian bisa ceritakan di kolom komentar untuk berbagi kepada semuanya terutama yang ingin mencoba bereksperimen dalam memasak. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar